Mengenang Perjalanan Juventus Saat Terakhir Kali Juarai UCL

Juventus merupakan salah satu klub yang sangat mendambakan trofi Liga Champions Eropa, dan rasanya fakta tersebut tak bisa dibantah lagi. Mereka sudah menembus empat partai final sejak terakhir kali juara di tahun 1996 silam, namun selalu berujung kegagalan.

Jika melirik kembali 24 tahun yang lalu, Juventus memang memiliki skuat Juara, para pemain mereka memiliki mental pemenang. Lihat saja Antonio Conte, Didier Deschamps, Alessandro Del piero, Antonio Peruzzi dan masih banyak lagi.

Saat itu, Bianconneri berhasil melalui babak penyisihan group dengan hasil yang terbilang mulus. Mereka tergabung dengan Borussia Dortmund, Steaua Bucuresti, dan Rangers di group C.

Setelah sukses meraih tiket ke babak gugur, pasukan Marcelo Lippi tampak mengendurkan performa mereka di dua laga tersisa. Adapun, berikut Hasil pertandingan Juventus di fase grup Liga Champions Eropa musim 1995/96:

13 September 1995 Borussia Dortmund 1–3 Juventus
27 September 1995 Juventus 3-0 Steaua Bucuresti
18 Oktober 1995 Juventus 4-1 Rangers
1 November 1995 Rangers 0–4 Juventus
22 November 1995 Juventus 1–2 Borussia Dortmund
6 Desember 1996 Steaua Bucuresti 0–0 Juventus

Perlu diketahui, saat itu Format Liga Champions Eropa berbeda dengan sekarang, karena fase Group hanya berisikan 16 tim saja. Artinya, Juventus langsung lolos ke babak 8 Besar, disinilah mereka harus berhadapan dengan tim Raksasa Spanyol, Real Madrid.

Ya, Los Blancos hanya mampu finish sebagai Runner Up Group D, dibawah Ajax Amsterdam yang masih berjaya kala itu.

Kendati demikian, kekuatan kedua tim berimbang, bahkan pada pertandingan leg pertama di Santiago Bernabeu, Juventus dipaksa menyerah dengan gol tunggal Raul Gonzales.

Pertandingan leg kedua berlangsung intens, dengan hujan 7 kartu kuning dan 2 kartu merah. Untungnya, Juventus yang bermain sebagai tuan rumah mampu menang telak dengan skor 2-0 dan melaju ke babak perempat final.

Di babak ini, Juventus menghadapi wakil Prancis, Nantes. Pada leg pertama di Turin, Juventus menang tanpa hambatan setelah seorang pemain Nantes mendapat kartu merah. Dua gol mereka sarangkan ke gawang wakil Prancis tersebut.

Sedangkan leg kedua berakhir dengan skor 2-3, kemenangan Nantes. Meski begitu, Juve berhak melaju ke babak final.

Pada laga puncaknya, Juventus berhadapan dengan Ajax yang sebelumnya menyingkirkan Real Madrid, Dortmund dan Panathinaikos. Laga Final digelar di Stadio Olimpico, Roma, 22 Mei 1996.

Ajax saat itu punya skuat yang mewah, nama-nama besar seperti Jari Litmanen, Edgar Davids, Edwin van der Sar, Ronald dan Frank de Boer.

Benar saja, wakil Belanda jadi lawan sengit Juventus. Meski berhasil unggul lebih dulu, Bianconneri harus berusaha lebih keras melanjutkan pertandingan lewat babak adu penalti setelah skor 1-1 bertahan sampai laga usai.

Di babak adu penalti, Juve berhasil menang, semua eksekutor mereka mencetak gol dengan baik, sedangkan dua penendang Ajax gagal mengeksekusi penalti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *